Jangan Salah Kaprah dengan Konsep TOD
Tanggal Posting : Jumat, 24 November 2017 | 10:34 WIB
Pengirim : mediaindonesia | rumahproperti123 - Dibaca : 85 Kali

PERKEMBANGAN proyek transportasi massal di DKI Jakarta dan sekitar membuat banyak pengembang mulai menyematkan proyek yang dekat dengan stasiun mass rapid transportation (MRT) dan light rail transit (LRT) dengan konsep transit oriented development (TOD). Padahal, aturan baku atau panduan terkait dengan TOD hingga saat ini belum ada. Managing Partner Strategic Adversory Group Coldwell Banker Commercial Tommy H Bastamy mengungkapkan pertumbuhan properti berbasis TOD di Jakarta masih didominasi hunian vertikal atau apartemen.

Menurut Tommy, merujuk berbagai kota di dunia, TOD yang berkembang bersifat terpadu antara kawasan residensial, perkantoran, ritel, dan transportasi massal. "TOD harus mixed use, bukan hanya satu sektor, terdiri dari berbagai sektor. Sekarang yang terlihat apartemen tumbuh pesat, belum ritel, hotel, atau perkantoran. Banyak pengembang juga tidak mengintegrasikan proyek properti dengan transportasi massal yang merupakan prinsip dasar TOD. Mereka hanya mengandalkan kedekatan proyek tersebut dengan stasiun MRT atau LRT. Transportasi massal dalam TOD sebenarnya terdiri dari multimoda transportasi bukan hanya mengandalkan satu jenis.

Ketua Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) DKI Jakarta Dhanny Muttaqin mengatakan, sebagai salah satu konsep terpadu yang menggabungkan berbagai sektor properti dengan transportasi massal dan berpihak pada pejalan kaki, TOD seharusnya dapat mewujudkan keadilan ruang atau dapat mengurangi kesenjangan yang cukup tinggi di kota-kota besar.
Faktanya, sebagian besar proyek properti di seputar moda transportasi massal masih menyasar kalangan kelas menengah ke atas. Data IAP menunjukkan ada sekitar 58 proyek apartemen untuk kelas menengah ke atas di sekitar stasiun MRT. Belum lagi yang diproyeksikan pembangunannya di sekitar stasiun LRT.

Ketua Bidang Realestat dan Permukiman IAP DKI Jakarta Meyriana Kesuma menekankan pengembangan kawasan TOD perlu aturan yang jelas untuk menghindari penyalahgunaan pembangunan oleh para pemilik modal dan menjamin keberpihakan publik atas penyediaan hunian terjangkau, fasilitas publik seperti jalur pedestrian, hingga ruang terbuka hijau (RTH).

Menurut Meyriana, hal itu penting karena TOD saat ini telah menjadi alat pemasaran bagi pihak swasta yang mengembangkan proyek di sekitar TOD. Padahal, pengembangan kawasan yang dilakukan belum tentu sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan TOD seperti compact (terpadu), mixed use (beragam fungsi), mixed income (beraneka pendapatan masyarakat), dan walkable environment (ramah bagi pejalan kaki).


Pembangunan hunian vertikal dengan konsep TOD juga benar benar dilakukan oleh PT. Adhi Karya (persero) Tbk Divisi TOD, salah satu proyek TOD Adhi Karya yaitu Apartemen LRT City Urban Signature Ciracas Jakarta timur memang benar-benar nempel dengan stasiunnya yaitu Stasiun Ciracas dengan begitu satu unsur konsep TOD sudah terpenuhi.
LRT city yang terhubung JABODEBEK ini akan beroperasi pada tahun 2019 dan sesuai dengan perpres no 65 tahun 2016 akan selesai dan beroperasi di tahun 2019 nanti. Ini akan mengakomodir kaum mellenial untuk melakukan kegiatan pekerjaan dari daerah penyangga Jakarta menggunakan tranbsportasi massal LRT. LRT dan MRT akan terhubung secara total di tahun 2020.

Keuntungan yang akan Investor dapatkan adalah hunian yang nyaman, dibelakukanya pendestrian, taman taman taman luas, terminal sendiri, jogging track, convention, f&b park, smiming pool di setiap tower. Dan kami ini dibangun di luas lahan 11.5 ha.
Diskusikan dengan kami kebutuhan investasi anda, karena kami masih memerikan harga perdana. Ricky Thong 081280979777



Baca Juga


Visitors
Hubungi Kami

Ricky Thong

Konsultan Marketing Properti
Investasi Properti - Adhi Karya Tbk ( In House)

Marketing Gallery , Jl. Pengantin Ali (Simpang jalan Asem) No. 88

Ciracas, Jakarta Timur

Email : ricky.rumahproperti123@gmail.com

telp 0812 80 979 777 (SIMPATI)

        0815 141 831 77 (INDOSAT)

Tips Properti
Rabu, 6 Desember 2017 | 10:28 WIB
 
Senin, 16 Oktober 2017 | 12:01 WIB
 
Kamis, 5 Oktober 2017 | 13:15 WIB
 
Jumat, 29 Sepember 2017 | 10:03 WIB
 
Sabtu, 11 Juni 2016 | 13:43 WIB