Hunian berkonsep TOD sebagai solusi bebas MAcet
Tanggal Posting : Kamis, 12 April 2018 | 10:18 WIB
Pengirim : Sindonews | rumahproperti123 - Dibaca : 165 Kali

Kawasan hunian berbasis transit oriented development (TOD) atau konsep pengembangan properti yang terintegrasi dengan jaringan transportasi massal semakin menjadi primadona di industri properti saat ini. Hal itu tak terlepas dari maraknya pembangunan infrastruktur dan sistem transportasi massal yang semakin memudahkan mobilisasi masyarakat di Indonesia.

Masalah terbesar masyarakat kota besar dan makin menjadi-jadi saat ini adalah kemacetan, termasuk di Ibu Kota Indonesia Jakarta. Terus bertambahnya pengguna kendaraan pribadi dengan panjang jalan yang tidak bertambah menjadi salah satu penyumbang makin parahnya kemacetan. Rata-rata masyarakat Jakarta memerlukan waktu sekitar 5 jam di jalan raya setiap harinya dengan kerugian ekonomi mencapai 28,1 triliun rupiah per tahunnya.

Oleh karena itu pemerintah mulai mengambil langkah strategis dengan membangun sistem transportasi massal, seperti kereta rel listrik (KRL) commuter line, Bus Transjakarta maupun light rapid transit (LRT) dan mass rapid transit (MRT) yang diharapkan dapat menjadi solusi jangka panjang untuk mengatasi kemacetan yang sangat merugikan masyarakat.

Pembangunan sistem terpadu ini diharapkan mampu mengubah kehidupan masyarakat, yang selama ini menggunakan kendaraan pribadi, beralih untuk naik transportasi umum. Dampaknya belakangan banyak pengembang properti baik BUMN maupun swasta yang mulai membangun proyek hunian dengan konsep TOD yang terintegrasi atau nempel langsung dengan akses ketransportasi massal serta dilengkapi jaringan pejalan kaki atau sepeda.

Tidak hanya itu, kawasan TOD (transit oriented development) menggunakan pendekatan pengembangan kota yang mengadopsi tata ruang campuran (mix use) dengan memperhatikan jarak dan waktu tempuh yang nyaman bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas kerja dan lainnya.

Pengembangan TOD kini sangat maju dan telah menjadi tren di kota-kota besar dunia. Khususnya di kawasan kota besar seperti Tokyo di Jepang, Seoul di Korea, Hong Kong, Singapura, Malaysia, serta beberapa kota di Amerika Serikat dan Eropa yang memanfaatkan jaringan kereta api kota di Negaranya.

Salah satu developer yang membangun kawasan TOD dan terintegrasi langsung/ nempel langsung dengan transportasi msssal yaitu LRT JABODEBEK adalah perusahaan BUMN yaitu PT. Adhi Karya (Persero) Tbk melalui proyek LRT City nya, ada 6 (enam ) kawasan yaitu Royal Sentul Park, Eastern Green Bekasi Timur, Get Way Park Bekasi Barat, Urban Siganture Ciracas Jakarta Timur, Oase Park Ciputat, dan di Cisauk Tangerang. Salah satu primadona proyek LRT berkonsep TOD Adhi Karya ini adalah Apartemen LRT Urban Signature Ciracas, dengan area pengembangan seluas 11,5 hektare di Ciracas, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Apartemen Urban Siganture Ciracas ini didedikasikan sebagai Hunian vertikal yang lengkap dengan fasilitas yang komplek yang hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari stasiun LRT Ciracas. Ricky Thong, SPV Marketing LRT Urban Siganture Ciracas, mengutarakan, Urban Siganture merupakan proyek prestisius Adhi Karya yang mendukung program pemerintah dalam mengatasi kemacetan dengan membangun hunian yang terintegrasi langsung dengan transportasi massal yaitu LRT. LRT Jabodebek akan beroperasional pada pertengahan 2019 nanti, sedangkan apartemen Urban siganture akan serah terima pada 2020 nanti.

Apartemen LRT Urban Siganture Ciracas sebagai solusi bagi masyarkata untuk memeliki hunian yang nempel langsung dengan transoprtasi mssal LRT, Urban signature juga sebagai investasi yang menguntungkan agar mendapatkan gain yang maksimal dari sektor properti, kenapa saya bilang demikian karena LRT ini adalah proyek pertama yang dilakukan di Indonesia dan menjadi keuntungan sendiri mendapatkan hunian berkonsep TOD masih dengan harga belum launching.

 

Baca Juga


Visitors
Hubungi Kami

Ricky Thong, SH, S.Sos

Konsultan Marketing In House
Apartemen LRT Urban Signature Ciracas

Marketing Gallery , Jl. Pengantin Ali No. 88

RT 06 RW 06, Ciracas, Jakarta Timur 13740

email ricky.rumahproperti123@gmail.com
telp 0812 80 979 777 (SIMPATI)
0815 141 831 77 (INDOSAT)

chat wa

Berita Properti
Sabtu, 4 Agustus 2018 | 12:24 WIB
 
Senin, 14 Mei 2018 | 16:17 WIB
 
Jumat, 11 Mei 2018 | 13:28 WIB
 
Kamis, 10 Mei 2018 | 11:56 WIB
 
Selasa, 8 Mei 2018 | 10:16 WIB
 
Tips Properti
Senin, 16 April 2018 | 16:15 WIB
 
Rabu, 6 Desember 2017 | 10:28 WIB
 
Senin, 16 Oktober 2017 | 12:01 WIB
 
Kamis, 5 Oktober 2017 | 13:15 WIB
 
Jumat, 29 Sepember 2017 | 10:03 WIB